Welcome to Bali

Welcome to Bali

Setelah perjalanan yang memakan waktu sepertinya lebih dari satu jam, akhirnya sampai juga kami di bandara Internasional Ngurah Rai Bali, 13 Oktober 2011 and it was about ten something at local time, di Jakarta mungkin waktu itu masih jam sembilan-an kali ya. Udah pada lumayan kelaperan dan untung masih ada beberapa makanan yang nyangkut di tas sebagai pengganjal perut sambil nunggu pesawat satunya lagi yang ditebengin ama dua orang member dari group penjelajahan Bali ini, belum nyampe. Malam itu kami berempat the Jakarta ladies (cieeee….); gue, Anti, Lala dan Ika yang sudah ditemani oleh tour guide kita Adit nungguin temennya Anti yang namanya Apoy yang juga bawa temen namanya Matthew, heheeee….. Berapa lama tuh ya kita nunggu di pintu keluar???

Setelah lengkap semua, meluncurlah kita mencari makanan untuk si perut yang udah pada teriak minta diisi ini. Setuju semuanya kita makan nasi pedas, nasi dengan lauk serba pedas, lumayan yummy untuk perut yang sedang kelaparan, tapi puedeeeesssss……katanya sih gitu, cuma gue nggak ngerasa kepedesan banget deh, mungkin nyolek sambelnya dikit kali yee, heheheeee….

Here we go againhunting penginapan, Anti dapet beberapa nama penginapan hasil searching di internet yaitu di daerah Poppies, menuju ke sanalah kita, ternyata eh ternyata jalanannya tuh gang kecil yang cuma muat dilewatin sama satu mobil dan satu motor, Adit (tour guide kita) sih katanya udah nyaranin untuk nggak ke situ cuma entah bagaimana and kenapa kita malah jadinya ke situ.

Kayaknya waktu itu jam sekitar menuju pukul dua belas waktu setempat, sebut aja gang Poppies ya (abisnya jalanannya sempit kayak gang), di situ emang katanya banyak penginapan yang harganya lumayan murah, tapinya banyak café, pub, dan semacamnya itu lah yang disinggahi para tourist internasional alias bule-bule yang katanya sih kebanyakkan bule Aussie, ada hotel juga sih. Isi gangnya padat, bangunannya mepet-mepet. Suasana mid night rame banget, tuh bule-bule yang pada tinggi-tinggi, gede-gede, putih-item, pada seliweran di jalan, tumpah ruah, bolak-balik, ketawa-ketiwi, senda gurau, mejeng berdiri depan setiap toko dan tempat makan/minum, sambil pada mabok. Ada yang ngetok-ngetok kaca mobil yang ada di depan kita eh nyampe juga ke mobil yang kita naikkin diketok-ketok juga, ngeliatin kacanya, seremnya lagi nih, masa kaca spion mobil kita dicongkel ampe copot gitu, nggak diambil sih cuma iseng kali ya lagi mabok, jadi pada parno, hiiiiiiiii…….

Sampe ujung jalan, nengok ke kiri ternyata keliatan tuh monument bom Bali,  rame banget di situ, bule-bule kebanyakan, lagi ada acara juga kayaknya, atau memang kalau malam seperti itu. Keluar dari gang situ langsung aja cepet-cepet injek gas, kabuuuuurrrrrr……  Akhirnya ketemu penginapan di Denpassar, dan tiduuuuuurrrrr……siapkan tenaga buat esok hari.

Ini nih yang bikin jadi lieur, pasang alarm jam lima pagi tapi settingan waktu di handphone belum gue rubah alias masih jam Jakarta, alhasil bunyilah tuh alarm jam lima padahal di situ udah jam enam pagi, huaaaaaaa…..telat shalat subuh,langsung aja buru-buru shalat, heheeee… Bingungnya diterusin pas kirim sms ke “yang di Jakarta”, local time: something to seven, sms dikirim: ‘udah di kantor ya?’, sms diterima: ‘masih di tempat tidur’. Hahaaaa…..oiya ya di sana kan masih jam enam kurang @#@@##???

Berbekal sarapan sebungkus roti, dan petualangan dimulai. Tujuan pertama ke Sukowati, kayak pasar gitu deh yang jual-jualan pakaian dan pernak-pernik khas Bali. Foto-foto terus pada belanja deh. Dari situ langsung ke tempat jualan perak-perak, apa ya namanya??? Di situ diliatin juga cara pembuatannya sampai bisa jadi perhiasan, ada macam-macam anting, kalung, gelang, cincin, dll. Harganya tea…ratusan ribu rupiah per satu barang deh kayaknya. Nggak pake lama-lama di situ, cuma liat-liat doang kita langsung ke Kintamani deh kalo nggak salah, heheee…., puncaknya Bali kali ya. Udah siang pula, lapeeerrrr…lunch dulu.

Masuk ke area Kintamani menuju tempat makan, kami disuguhi oleh pemandangan yang Subhanallah indah dan menakjubkan banget, kayak puncak gitu kali ya, suasananya adem dan sejuk banget, di sebelah kanan ada gunung Batur ya kalo nggak salah yang katanya masih aktif.

Banyak mobil yang berhenti di pinggiran untuk melihat keindahan gunung tersebut dan merasakan kesejukkannya. Di bawah gunung tersebut terlihat seperti abu-abu hitam menutupi dasarnya yang tampak seperti habis keluar dan berjatuhan dari puncaknya. Di sebelah gunung terdapat danau yang luas dan berwarna hijau, beneran indah banget dan bikin gue berdecak kagum. Kalau mau turun menuju danau kayaknya bisa deh soalnya gue lihat ada tangga menuju ke bawah.

Sampai di tempat makan kita pilih tempat di luar yang bisa ngeliat pemandangan gunung beserta danaunya itu. Adeeeeeeemmmmmm…….banget, what a beautiful and amazing place. Airnya juga dingiiiinnnn banget, brrrrrrrrr.

Selanjutnya perjalanan menurun ke daerah bernama Ubud, ngeliat system terasering Bali yang bernama Subak, sawahnya bagus banget. Then belanja-belanja deh ke Jogger dan Khrisna, nggak lupa makan dulu di ayam betutu.

Gue rada lupa urutan perjalanan kita, yang pasti selama dua hari di sana kita juga sempet ke Goa Gajah yang tidak diperbolehkan pakai  celana/rok pendek, but don’t worry di sana udah disiapin koq kain untuk para pengunjung yang pakai bawahan pendek. Jalanannya menuju ke bawah melalui banyak anak tangga, ada air mancur yang katanya air suci, boleh untuk membasuh muka, tangan dan kaki.

We also visited Istana Tampak Siring, istana kepresidenan di Bali yah, heheee….di sekitarnya ada pemandian, kita juga sempat lihat yang lagi pada upacara adat, dan nengok ke atas bakalan kita temuin istananya Presiden Bung Karno, tinggiiiiiiiii.

Uluwatu, banyak monyetnya bo, nggak boleh pakai pernak pernik apapun di tubuh karena katanya si nyemot ini iseng dan bakalan diambilin, hiiiiii……hahahaaaa…… Lautnya sumpah indah banget, sampai ke ujung pandangan mata cuma terlihat air biru yang luas di bawah langit biru yang terik dan cerah, di pinggiran tebing terlihat ombak berwarna putih berhamburan galak dan loncat-loncat melengkapi indahnya laut biru, Subhanallah…Maha Suci Allah, indah banget, nggak berhenti-berhentinya bersyukur punya tanah air yang indah banget kayak gini. Dari situ di pinggir atas tebing terlihat agak jauh pura yang menongol berdiri sendiri.

GWK alias Garuda Wisnu Kencana nggak kalah bagusnya dari tempat-tepat sebelumnya yang kita kunjungin. Berdiri dan jalan-jalan di antara tebing-tebing besar yang tinggi, wuiiiiihhhhh…..keren dan sejuk banget karena sinar matahari terhalang oleh tebing-tebing tersebut, bermilir angin terbang menyapu tubuh dan pakaian kita, heheeee…. Patung yang katanya tertinggi di asia tenggara ini emang belum sepenuhnya jadi, antara kepala, badan dan tangan masih misah-misah. Baru satu-satu aja udah gede-gede banget apalagi kalo nanti digabungin ya. Seperti patung Sphinx di Mesir, patung ini berwujud kepala dan badan manusia (Wisnu kali ya, mudah-mudahan nggak salah) yang di bawahnya ada kepala burung garuda. Kuereeeeeennnnnn sangaaaaattttttt. Aku Cinta Indonesia.

Dan mungkin itu belum seberapa dari apa yang udah kita lihat dan kunjungi selama dua hari di Bali, pasti masih banyak lagi keindahan-keindahan di Bali yang belum kita datengin, sampai ke Pantai aja nggak sempet kita datengin padahal pantai Bali kan terkenal indahnya ya, heheee…. Hmmmmm…maybe next time, Insya Allah dan Amien, Amien ya Rabb.

Dan itu pun baru Bali di antara banyaknya propinsi, kota dan tempat wisata yang ada di Negara Indonesia kita, masih banyak lagi keindahan ibu pertiwiku yang belum dijamah oleh kaki ini, oleh tangan dan mata ini. Sangat berterima kasih udah diberikan kesempatan untuk melihat keindahan dari bagian lain di Indonesia.

Next, Bromooooooo…..i’ll come to you, dan syukur-syukur bisa namu ke tetanggamu juga ya, yang berdiri tegak dan tinggi di sampingmu itu loh, oh Mahameru, heheheeee…….

See you on my next adventure writing  ;)

About ririey2008

I'm just who i am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s