Yesterday was sooo fun, hahahaaaa…. Yupz that was my first rafting experience, on saturday, May 29th 2010. Bareng sama Anty, Manda dan temen campur-campur dan dibantu oleh Caldera; provider rafting, kita berangkat ke Citarik Sukabumi. Naek mobil temennya Anty, thank’s to her, kita berangkat pagi sekitar jam setengah 8 dan nyampe sana sekitar jam setengah 12, perjalanan yang lumayan nggak macet padahal long weekend.

Di sana rame banget, maklum pas lagi long weekend, parkiran aja ampe penuh. Sampe sana kita istirahat dulu di aula Caldera dan dikasih makanan kecil buat ngisi perut sementara, lumayan ngilangin capek duduk-duduk dulu, foto-foto. Yang tadinya kita mulai rafting jam 2 ternyata masih jam setengah satu kita udah dipanggil untuk siap-siap karena cuaca mendung mungkin takutnya hujan gede jadi jadwal dimajuin. Ganti baju, pakai rafting outfit; pelampung, helm dan dayung then go to the start line of Citarik river.

Beeuuhhh…belum mulai rafting aja kita udah dibikin sport jantung, jalan menuju ke start line rafting lumayan jauh dan nggak mungkin ditempuh dengan jalan kaki, jadi kita naik mobil losbak yang udah disediain pihak Caldera. Campur sama orang lain yang belum kita kenal yang juga mau rafting of course, kita dibuat loncat-loncat di tempat duduk ama sopirnya. Mobilnya jalan kenceng di jalanan sempit, kecil, berbatu, belok-belok dan turun naik, wuiiiihhhhh…udah kayak naek halilintar di dufan, warming up sebelum rafting nih ceritanya, hahahaaaa… bener-bener udah kayak bawa barang aja dah tuh mobil jalannya, ngebut banget, ampe duduk kita tuh pada miring-miring ke kanan ke kiri, maju, mundur, ampe gemeteran gue, tapi fun juga sih, hahahahaaaaa……

Sampe di tujuan kita jalan kaki sebentar menuju ke sungai, cuaca mendung dan udah gerimis juga, padahal tadi sempet nongol tuh matahari eh pas kita mulai dia ngumpet lagi. Satu perahu berisi 5 – 7 orang udah ama guide / mentornya. Gue satu perahu sama Anty, Manda, satu orang temennya Anty dan satu lagi cowok yang belum kita kenal plus sama guidenya. Empat orang temen Anty yang laen misah naek perahu lain dan mereka berlayar duluan menyusuri sungai Citarik.

Briefing dulu di atas perahu karet yang masih ada di darat. Dengerin instrukturnya ngomong tentang instruksi-instruksi dari dia yang harus kita lakuin. Cara megang dayung yang benar dan katanya kalo dia bilang “maju” berarti kita dayung maju, kalo “mundur” sebaliknya kita musti dayung mundur, kalo dia bilang “stop” yupz berhenti mendayung. Then “pindah kiri” berarti yang duduk di sisi kanan harus pindah ke kiri begitupun sebaliknya dan juga depan belakang, dan kalo dia bilang “boom” kita semua harus nunduk ke lantai perahu.

Setelah ngatur posisi: temennya Anty yang namanya Ali duduk di paling depan sebelah kanan, Manda di belakangnya lalu Anty. Posisi depan sejajar Ali samping kiri orang lain yang nggak kita kenal itu dan gue di belakangnya dia tepat di samping Anty, jadi sejajar Manda nggak ada orang dan guide kita yang namanya Baduy itu ada di paling belakang. Then…here we go…aye aye, captain…let’s sail the river!!!! hahahaaaa… Mulailah kita mengarungi jeram-jeramnya sungai Citarik, it was about something past one o’clock that time.

Arusnya lumayan kencang tapi ada juga yang tenang dan nggak sedikit yang ganas, heheheee… awalnya deg-degan banget tapi begitu dijalanin, wooww…so fun. Kita ikutin instruksi-instruksi si guide, cuma cowok-cowok front row rada bolot, hahahaaaa… Nggak ngeh karna saking asyiknya berarung jeram atau nggak denger karena tercampur dengan suara angin dan arus air atau emang pada bolot beneran kali ya, hahahaaaa…jadinya gue ama si Anty harus selalu ngulang instruksi guide supaya tuh 2 cowok yang di depan ngedenger, hahahahaaaaa……

Cuacanya mendukung aksi kita banget, mendung tapi nggak hujan, jadi asyik banget, kanan kiri awal berangkat sih pemandangannya kayak sawah dan perkebunan gitu tapi semakin jauh yang diliat tebing dan pepohonan. Arusnya bener-bener liar, Baduy si guide selalu ngasih tau kita satu persatu nama jeram yang kita lewatin. Oiya kayaknya di jeram pertama atau mungkin ke dua deh gue udah jatuh ngusruk ke bawah perahu, untung nggak ke air, hahahaaaaa… And guide`nya suka iseng juga, kita dicepret-cepretin air sungai lah malahan gue ama Anty diguyur air sungai pake helmnya dia ya secara gue ama Anty yang paling deket ama dia, hahahaaaa…

Satu persatu jeram kita lewatin, perahu ampe muter-muter lah, goyang-goyang pastinya, miring ke kiri ke kanan ke depan ke belakang pokoknya macem-macem deh, kadang jalan mundur, nabrak batu-batu malah ampe stuck di batu gede nggak bisa jalan, dan dengan instruksi dari Baduy kita bisa jalan lagi mengarungi sungai. Jeram-jeram sungai Citarik serem dan menantang tapi asyik banget, pokokonya fun banget deh, seruuuuuu abies dah. Ada perahu yang jatuh terbalik, awaknya semua pada jatuh ke sungai pas di arus yang lagi lumayan kencang, perahu kita berhasil nyelametin satu orang yang jatuh dari perahu yang jungkir balik itu, Baduy yang nyelametin dan awak yang lainnya bisa naek ke parahu lagi dengan selamat. Alhamdulillah banget kita nggak ngalamin kejadian itu, serem gue ngliatnya, nggak kebayang kalo itu terjadi ama gue, panik banget kali ya gue, heheheee…

Istirahat paling cuma 2 atau tiga menit, itupun cuma dua kali. Pertama kali istirahat di pinggir-pinggir bebatuan, kata Baduy boleh kalo mau turun ke air, kan pake pelampung, ya udah gue turun aja and iya bener ngambang loh, hahahahaaaa…cuma naeknya ribet lagi gue. Gue ngusruk dua kali, yang ke dua di tempat yang jeramnya lebih dahsyat dari yang pertama gue jatuh dan gara-gara gue ngusruk Anty and Manda harus ngerasain pentokan dari helm n dayung gue, hahahaaa…maaf ya girls!!!

9 km selama kurang lebih 2 jam, nggak kerasa mengarungi sungai citarik dan melewati jeram-jeramnya yang menantang banget, tau-tau selesai aja. Nah pas kita selesai berarung jeram hujan baru mulai turun, masih gerimis-gerimis kecil sih. Minum air kelapa dulu then we went back to base camp, terus kita foto-foto dulu deh, hujan tambah besar. Mandi, ganti baju terus makan deh. Ada foto-foto dari pihak Caldera waktu kita berarung jeram, lucu-lucu deh dan seru. Makin sore hujan makin besar dan deras, udah nggak ada lagi yang rafting karena arusnya semakin kencang. Kita nunggu sampai hujan reda di tempat reservasi tapi hujan malah makin deres ya mau nggak mau nunggu ampe berhenti, jam setengah 7an hujan baru mulai agak reda tapi belum berhenti.

Back to Jakarta, capek banget, tangan gue pegel apalagi yang sebelah kanan, ngantuk tapi tidurnya nggak bisa nyenyak, abis sempit-sempitan sih di mobil, heheheee… plus jalanan dari Citarik river menuju jalan raya itu gelap banget, berliku-liku dan turun naik, udah kayak perjalanan di film tusuk jelangkung yang mau menuju ke angker batu, hahahaaa… Sampe rumah Anty jam 11 malam. Seru banget deh dan bener kata Guide’nya, yang ditakutin dari rafting itu bukan jatuh atau perahu terbalik, tapi takut ketagihan, hahahaaaaa… iya nih gue ketagihan kayaknya, hahahaaaa…

Yupz…yesterday was really really FUN, I love it.