Kali ini tim Thomas Indonesia harus kalah lagi dari China di babak final, sedangkan tim Uber sudah kalah duluan dari China juga di babak semi final. Kejuaraan Thomas Uber kali ini diselenggarakan di Malaysia dari tanggal 9 sampai dengan 16 Mei.

Kedua tim Indonesia; Thomas dan Uber sama-sama lolos dari babak penyisihan dan masuk ke semi final. Tim Thomas harus bertemu dengan Jepang dan menang sedangkan tim Uber bertemu dengan China dan terpaksa harus kalah 3-0.

Di babak semi final ini Indonesia mengeluarkan Maria Febe di permainan pertama melawan Wang Yi Han dari China dan kalah dengan skor 7-21 dan 12-21. Di permainan ke dua diturunkan Gracia Polli dan Meiliana Jauhari untuk tim ganda dan kalah juga dengan skor 17-21 dan 13-21 melawan Ma Jin/Wang Xiaoli. Dan di permainan ke tiga Indonesia menurunkan Adrianti Firdasari melawan Wang Xin dan kalah dengan skor 17-21 dan 15-21. Alhasil Indonesia harus kalah 3-0 dari China yang akan bertemu dengan Korea di babak final. Dan nggak disangka-sangka Korea bisa menggagalkan niat China untuk memboyong kembali piala Uber ke negaranya. China harus kalah dari Korea di pertandingan ke empat dengan skor 3-1. Pertandingan pertama dan ke dua dimenangkan oleh tim Korea, di pertandingan ke tiga China berhasil mendapatkan skor pertamanya, tapi tidak dibiarkan menang lagi di pertandingan ke empat yang menjadikan skor 3-1 untuk China. Jadi untuk pertama kalinya piala Uber diboyong ke negara Korea Selatan.

Babak final Thomas Cup berlangsung pada hari minggu 16 Mei 2010, pertandingan pertama seperti biasa Indonesia mengeluarkan pemain unggulannya yaitu Taufik Hidayat dan China juga mengeluarkan pemain andalannya Lin Dan yang merupakan peringkat dua dunia. Taufik terpaksa harus kalah 2 set langsung dengan skor 21-7 dan 21-14. Kalo menurut gue cara bermain Lin Dan emang lebih unggul daripada Taufik dan agak mengecewakan sebenernya seorang Taufik Hidayat yang paling diunggulkan di antara yang lainnya tapi harus kalah di babak pertama ini, but it’s ok…gue tetep bangga sama Taufik.

Pertandingan ke dua Markis Kido dan Hendra Setiawan melawan Cai Yun dan Fu Haifeng. Permainannya seru banget sampai harus ada babak rubber set tapi lagi-lagi mereka harus terpaksa kalah dengan skor 25-23, 16-21 dan 21-12. Di pertandingan ke tiga yang merupakan penentu Indonesia menurunkan Simon Santoso yang menjadi tumpuan tim, Simon harus menang untuk bisa melanjutkan ke pertandingan berikutnya kalau tidak ya Indonesia harus kalah dengan skor 3-0 dan ternyata Simon Santoso bisa menyeimbangkan permainan pemain China Chen Jin yang merupakan peringkat tiga dunia. Simon menunjukkan permainan yang tenang tapi juga hebat dan ia berhasil memenangkan set pertama dengan 21-19 tapi harus kalah di set ke dua dan tiga dengan 17-21 dan 7-21. So…yep, the winner is…again…China.

Ini adalah kali pertama tim Thomas Indonesia masuk ke babak final sejak tahun 2002 dan memenangkannya untuk yang ke tiga belas kalinya. Setelah itu di tahun 2004, 2006 dan 2008 tim Thomas Indonesia hanya sampai di babak semi final dan ketiga tahun tersebut dimenangkan oleh China, berikutnya tahun 2010 pun dimenangkan oleh China, padahal Indonesia ingin mengulang kesuksesan yang di dapat pada tahun 2000 yang pada waktu itu menang melawan China juga dan diadakan di negara yang sama yaitu Malaysia.

Gue inget banget waktu kejuaraan Thomas Cup tahun 2002 di Guangzhou China, tim Thomas Indonesia harus berhadapan dengan Malaysia di Final. Pertandingan pertama Indonesia seperti biasa menurunkan Taufik Hidayat tapi Taufik harus kalah, di pertandingan ke dua pun Marleve Mainaky harus terpaksa kalah dari pemain Malaysia. Di pertandingan ke tiga ganda putra Indonesia Chandra Wijaya dan Sigit Budiarto berhasil mendapatkan skor pertama untuk Indonesia menjadi 1-2 dan di pertandingan ke tiga ganda putra ke dua Indonesia pun berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 dengan Malaysia. Terakhir ini adalah pertandingan penentu siapa yang harus menjadi juara dan Hendrawan berhasil mengunggulkan skor Indonesia menjadi 3-2.

Anyway, Indonesia harus berjuang lagi, dua tahun mendatang harus bisa merebut kembali piala Thomas dari China. Semangat buat atlit-atlit bulutangkis Indonesia, we are so proud of you, guys. ^.^

About ririey2008

I'm just who i am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s