Gue mau cerita tentang pengalaman gue pertama kali menginjakkan kaki di bumi Jawa Tengah tepatnya di kota Solo dan Yogyakarta. Gue bareng dua orang teman kuliah gue; Ayu & Ruri, berangkat tanggal 30 Desember 2009 dari stasiun Tanah Abang naik kerata api Bengawan tujuan Solojebres. Menurut jadwal sih kereta berangkat jam setengah delapan tapi ternyata telat 10 menit. Keretanya penuh sangat, ya secara kereta ekonomi gitu loh dah gitu pas liburan juga jadi penuhnya seabrek-abrek. Sebenernya sih lebih dekat kalo naik dari Jatinegara tapi sengaja kita lari ke Tanah Abang, dari stasiun awal keberangkatan biar kebagian bangku karna kan kereta ekonomi sampai tanggal 4 Januari itu bebas tempat duduk dan Alhamdulillah kita dapet tempat duduk.

Di tempat duduk itu udah ada yang ngisi duluan, dua orang cowok yang nggak kita kenal yang kemudian kita tau namanya tuh Aris dan Supri yang dan ternyata mereka berdua itu ngocol abis, jadi ya lumayan seru, ngobrol n ketawa-ketawa melulu, ditambah lagi sama satu orang laki-laki tua yang kita panggil Ki Agus, abis kata si Aris, Supri n Ayu dia itu mirip Ki Agus yang maen acara SSTI, gue malah nggak tau yang mana, hahaaa… Ki Agus ini usianya 60an dan dia itu orangnya pinter kayaknya, kita dikasih pertanyaan tentang kota-kota di Indonesia lah, tentang penemu2, hahaaa…pokoknya seru deh, ketawa melulu malah ada yang ampe jatuh cinta segala, hahahahaaaaaa……(serius gue)

Kita nyampe Solo jam 9 pagi tanggal 31 Desember 2009, turun di stasiun Purwosari, Solo. Dari situ naik taksi menuju rumahnya Ayu di daerah Kartasura. Di rumah Ayu istirahat terus makan terus istirahat lagi; tidur…pada tepar semua, abis kan di kereta nggak bisa tidur enak dan nyenyak malahan pegel2 badan, xixixiiiiii…… Sorenya kita jalan-jalan ke Keraton Solo, nyampe sana ternyata udah tutup, kita kesorean jadi ya cuma foto-foto aja deh di depan pintu Keraton, ada beberapa patung di situ yang di setiap patung ada sesajennya, udah gitu kita dilarang nyentuh patungnya, nggak tau kenapa. Abis dari Keraton kita jalan ke pasar Klewer, niatnya sih mau beliin batik pesenan temen eh ternyata udah pada tutup juga semuanya, yah udah kita jalan aja sepanjang pasar Klewer itu, sampe perempatan naik becak ke Gramedia Solo, bagus deh gedungnya klasik gitu terus di bawah bacaan Gramedia ada tulisan Jawanya juga. Di Gramedia gue beli komik Detective Conan buat bacaan pulang ntar di kereta, dah dari situ kita makan dulu, beli nasi kucing, tadinya ogah gue makan itu namanya aja aneh eh ternyata enak juga, makannya di atas tikar di pinggir jalan. Nasi kucing pake gorengan, pake sate ama minuman air jeruk hangat cuma lima ribu rupiah. Dari situ kita jalan ke Solo Grand Mal, window shopping terus pulang deh.

Besok paginya sarapan nasi liwet di pinggiran jalan juga, jam 8 kita berangkat naik bis menuju Yogyakarta. Turun si terminal Jogja dari situ dijemput saudaranya Ruri menuju candi Borobudur di Magelang. Subhanallah…bagus banget, megah sekali, akhirnya kesampean juga gue ke Borobudur, xixixixiiiiii…… Rame banget deh, kita keliling-keliling n naek ke puncaknya yang paling atas. Udah puas di situ kita cabut pulang ke rumah pakde’nya Ruri, tempatnya desa banget, Jogja pedalaman kali ya, rumahnya dikelilingi hutan n lewat jalan setapak juga, kita nginep semalam di situ. Ada kejadian aneh, sebelum tidur Ruri bawa segelas air minum ke kamar, terus kita pada nonton tv di ruang tv abis itu baru tidur, pagi-paginya Ruri nanya gue minum airnya dia gak ya gue jawab nggak n Ayu juga nggak n dia sendiripun nggak ngerasa minum tapi air minumnya malah udah sisa setengah gelas, jadi siapa dunk?????? ya sudahlah, hihihihiiiiiii……

Jam delapan pagi berangkat menuju pusat kota Jogja tapi mampir-mampir dulu ke rumah saudara2nya Ruri, silaturahmi sekalian pamitan, ada kali lima rumah yang kita singgahi, sempet bete sih cuma ya mo gimana lagi namanya juga silaturahmi (maaf ya, Rur!!!! ^.^)

Selesai silaturahmi kita dianter ke penginapan di jalan Sosrowijayan.

Selesai shalat dzuhur kita langsung cabut ke Keraton Jogja dianter sama saudaranya Ruri yang namanya Iban, dia naik motor kita bertiga naik becak dari Malioboro sampai Keraton. Kita keliling-keliling seluruh Keraton, foto-foto, patung-patung di sni juga ada sesajennya. Udah puas di Keraton kita langsung ke Taman Sari naik becak juga, keliling-keliling, naik turun, ke kolam yang katanya tempat pemandian permaisuri raja, pokonya seru deh, cuma nggak bisa sampai atas karena dikunci pintu menuju ke sananya padahal kan dari atas kita bisa lihat pemandangan kota Jogja.

Abis itu kita ke alun-alun kidul tempat yang ada beringin kembarnya itu loh tapi kita nggak nyoba untuk jalan ke tengah beringin dengan tutup mata, ke sana dianterin naek motor satu-satu sama Iban karena jaraknya nggak gitu jauh, di situ gue naik sepeda yang double itu loh. Udah sore kita balik ke penginapan. Abis maghrib jalan lagi sepanjang Malioboro, foto-foto, minum kopi joos lesehan di pinggir jalan sampai jam 10 malam kita baru balik ke penginapan.

Istirahat, besoknya jalan lagi keliling Malioboro, ke Beringharjo, ke Mirota Batik yang seluruh ruangan tokonya tuh bau aromatherapy yang aneh plus campur yang katanya sih kemenyan, nggak enak banget baunya, nggak tahan gue lama-lama di situ tapi gue liatin orang-orang yang ada di situ fine-fine aja, mungkin belum terbiasa kali ya. Terus kita ke Mall Malioboro, udah selesai semuanya jam setengah sebelas kita balik ke penginapan karena jam 12 harus udah check out, jadi beres-beres semuanya, mandi, shalat, langsung pergi langsung ke stasiun Lempuyangan, tapi kita makan dulu.

Masuk ke kereta jam 2 siang dan ternyata tempat duduk udah penuh untungnya ada bapak yang berbaik hati ngasih tempat duduk ke kita. Kereta yang seharusnya berangkat jam lima kurang lima belas menit telat 45 menit, jadi berangkatnya jam setengah enam. Nyampe Jakarta stasiun Jatinegara jam enam lewat sepuluh menit. Gue dijemput adek gue Adie, pulang ke rumah dulu langsung berangkat ke kantor.

About ririey2008

I'm just who i am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s