Jika Anda membuat resolusi di awal tahun 2008 lalu, maka akhir tahun ini adalah saat yang tepat untuk mengevaluasi pencapaian yang telah Anda raih, salah satunya pencapaian karir Anda. Tentu ada resolusi yang Anda raih dengan sukses dan mungkin ada juga beberapa target tahun ini tidak tercapai dengan sempurna.

Sebagai seorang professional, New Year resolutions membantu Anda untuk lebih bersemangat, fokus dan terarah dalam menjalani dan meningkatkan kehidupan karir Anda. Anda bebas untuk menentukan resolusi karir Anda di tahun depan, namun be real and be kind of yourself . Resolusi yang dibuat tanpa mempertimbangkan kemampuan dan kapasitas Anda tidak akan membantu Anda untuk menjadi fokus dan terarah dalam mencapai peningkatan dalam karir.

1. Belajar paling tidak satu hal baru setiap hari.
Anda tidak perlu mempelajari hal yang tidak sesuai dengan bidang Anda, namun tanamkan dalam mind set Anda bahwa setiap hari baru adalah ilmu baru. Contohnya, Anda bisa belajar satu fitur baru dalam sebuah software setiap hari, atau membaca satu artikel yang berkaitan dengan bidang Anda setiap harinya. Bayangkan hal yang akan Anda dapatkan dalam 365 hari.

2. Get more passionate of your work! .
Apapun alasan Anda untuk bekerja, dan apapun halangan yang Anda hadapi dalam berkarir, jika Anda selalu bersemangat dalam menjalani tugas, segalanya akan terasa lebih ´ringan´ dan worth to try.

3. Kembangkan dan jaga jejaring Anda.
Sesuai dengan kapasitas Anda sebagai seorang profesional, targetkan jumlah professional contacts yang harus Anda tambah setiap hari, minggu atau bulannya. Pada saat yang sama jangan lupa untuk tetap menjaga hubungan baik dengan contacts yang sudah Anda miliki. Banyak cara melakukan ini, contohnya bergabung dan berpartisipasi dalam organisasi, baik di dalam maupun di luar lingkungan kantor, atau mengirimkan kartu ucapan Happy Holidays untuk professional contact Anda. Jejaring yang luas akan membantu perkembangan karir Anda.

4. Ciptakan suasana kerja yang kondusif.
Di luar waktu istirahat, dalam sehari Anda menghabiskan hampir 50% waktu Anda di tempat kerja. Suasana kerja yang nyaman membantu Anda bekerja dengan lebih baik. Jika kubikel Anda terasa sempit, mulailah menyortir barang-barang yang bisa Anda singkirkan. Jika rekan kerja Anda terasa menghambat kinerja Anda, segera selesaikan masalah yang ada.

5. Keluar dari zona nyaman Anda.
Terlalu lama ´terlena´ dalam rutinitas sehari-hari atau berlama-lama berada di status quo bisa membuat Anda lambat atau tidak berkembang sama sekali. Cobalah hal baru setiap ada kesempatan. Jika selama ini Anda tidak pernah jadi PIC sebuah proyek, padahal Anda merasa memiliki kemampuan, jangan segan untuk mengajukan diri Anda.

6. Biasakan untuk mencatat rencana kerja, target dan pencapaian kerja.
Anda bisa menjadikan catatan ini sebagai bahan evaluasi dan reminder target kerja Anda.

7. Lebih seimbang di kehidupan karir dan pribadi.
Bekerja keras sepanjang waktu dan mengabaikan kesehatan mental Anda akhirnya membuat Anda ´lelah´ akan kehidupan Anda. Sediakan waktu untuk kepentingan pribadi Anda dengan tetap melakukan hobi Anda, aktif dalam ´lingkaran pertemanan´ dan lain sebagainya.

Pada akhirnya semua yang Anda lakukan bermuara pada satu tujuan yaitu peningkatan profesionalitas dan karir Anda. Resolusi hanya membantu Anda untuk lebih terarah dan tetap dalam jalur yang tepat dan seimbang dalam meraih pencapaian dalam karir.

Remember :

Tanpa target anda akan jalan di tempat. Kalaupun anda memaksakan untuk berjalan anda akan tersesat. So, tulislah target anda sekarang!!!!

from jobsdb.com

Chandra Ming

Executive Corner

About ririey2008

I'm just who i am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s