Moto GP world championship tahun 2008 ini dimenangkan oleh Rossi, setelah 2 tahun absen dari juara dunia sekarang the doctor telah kembali, dia membuktikan kalau karir balap dan kemampuannya belum hilang. Selama dua tahun kemarin banyak yang mengira kalau Vale sudah habis masa kejayaannya di dunia balap motor, ada yang bilang sudah tua lah makanya kemampuannyapun sudah mulai berkurang, ada juga yang mengatakan kalau Rossi46sudah ada young rider yang lebih hebat dari Rossi dan ia sudah kalah, tapi ternyata itu semua salah, sekarang dia kembali, Valeros masih tetap menjadi raja di Moto GP, kemampuannya masih tetap yang nomor satu, masih tetap diperhitungkan, masih tetap menjadi rider yang harus dikhawatirkan oleh rider lainnya termasuk para rider muda yang kemampuannyapun tidak kalah hebatnya, tapi Rossi masih tetap exist berada di antara the young guns.

Si raja tikungan yang punya motto “full throttle” ini memang sangat mengagumkan, gaya balapnya yang santai tapi pasti dan tidak terlalu ambisius, kecuali sudah di lap-lap terakhir baru dia berkobar mengeluarkan seluruh kemampuannya untuk jadi yang di depan.

Rossi memulai karirnya Moto GPnya di Malaysia tahun 1996 kelas 125cc dan pada tahun 1997 dia sudah bisa merebut gelar juara dunia di kelas itu. Tahun depannya 1998 dia masuk ke kelas 250cc dan meraih gelar juara dunia di tahun keduanya yaitu tahun 1999. Tahun 2000 Vale memasuki kelas Moto GP pada saat itu 500cc dengan menggunakan motor dari pabrikan Honda dan mulai meraih juara dunia 3 kali berturut-turut dengan Honda di tahun 2001, 2002, 2003.

Tahun 2004 dia memutuskan untuk bergabung dengan Yamaha, sempat diragukan oleh banyak pihak apakah ia bisa menang dengan motor baru dari pabrikan yang lain, secara Yamaha tidak lebih unggul dari Honda tapi ternyata dia membuktikan kalau dia bisa mendapatkan gelar juara dunianya yang keempat dengan motor berbeda sekalipun.

Selama ini orang berpikir kalau kemenangan Rossi itu dikarenakan motornya yang hebat, siapapun bisa menangmoto-gp-1322 dengan motor itu. Ia membuktikan kalau dia juga bisa menang dengan motor lain, jadi bukan hanya karena bagus dan kecepatan motornya tapi juga kemampuan pembalap pun mendukung dan mempengaruhi untuk jadi pemenang, dengan pindah ke Yamaha.

Tahun pertama di Yamaha 2004 dia menyabet gelar juara dunianya yang ke-4 begitu juga di tahun 2005, dia menjadi juara dunia untuk yang kelima kalinya, secara berturut-turut.

Tahun 2006 Rossi banyak mengalami masalah pada motor juga bannya tapi dia masih bisa bersaing dengan rivalnya sampai race terakhir dan hasilnya Nicky Hayden-lah yang menjadi juara dunia di tahun itu, ia merebut juara dunia tahun 2006 yang merupakan gelar pertamanya di Moto GP.

Tahun 2007 berubah menjadi 800cc dan dimenangkan oleh the young gun Casey Stoner dengan motor ducatinya yang super cepat itu. Di tahun 2008 inilah Rossi kembali menjadi juara dunia untuk yang keenam kalinya, wooww……

So, siapa yang akan menjadi juara dunia Moto GP tahun 2009? We’ll see!!!!!

About ririey2008

I'm just who i am

2 responses »

  1. marte says:

    terima kasih atas infonya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s