Tournament of Roses, Pasadena, USA

Setiap tanggal 1 Januari kota Pasadena menjadi pusat perhatian dunia, dengan padatnya pengunjung yang mengagumi arak-arakan kendaraan bermotor atau kereta berkuda berhiaskan bunga-bunga mawar. Bukan hanya hiasannya yang mampu menyita publik, namun juga Queen of Roses yang setiap tahun dipilih dengan proses seleksi yang sangat ketat. Berawal dari tradisi spektakuler sejak 1890, festival berskala internasional ini telah mengundang banyak negara di dunia untuk memamerkan kebolehan mereka. Indonesia merupakan salah satu peserta dari Asia yang telah beberapa kali berhasil mengharumkan nama bangsa dengan kemenangannya.

Chinese New Year, China

Festival rakyat yang paling akbar di China adalah Chinese New Year atau di Indonesia terkenal dengan sebutan Imlek. Biasanya dirayakan antara akhir Januari dan awal bulan Februari. Di hampir setiap jalan raya, masyarakat China merayakan tahun baru dengan arak-arakan kepala naga raksasa yang diiringi bunyi musik dan dentuman simbal. Naga merupakan simbol kemakmuran dan kepahlawanan yang telah dipercaya sejak ribuan tahun lalu. Selain arak-arakan tersebut, seluruh jalan dipenuhi hiasan, kembang api serta aneka makanan khas yang menggambarkan perolehan rejeki melimpah sepanjang tahun.

Carnival, Rio De Janeito, Brazil

Perayaan carnival di Brazil memiliki keunikan sendiri. Pada awalnya istilah carnival diambil dari bahasa Latin carne dan vale yang berarti daging dan selamat tinggal. Secara simbolik perayaan ini menggambarkan sebuah tradisi keagamaan yang mewajibkan rakyatnya untuk berpantang daging selama empat puluh hari. Namun dalam perkembangannya, tradisi keagamaan tersebut berubah menjadi sebuah tradisi budaya yang lebih bernuansa seni tari. Pada tahun 1930 karnaval menjadi sebuah pesta rakyat yang menampilkan tari samba yang sangat spektakuler, yang diselenggarakan di Sambrodome sejak 1984. Hingar-bingar sukacita di seluruh kota terdengar mengiringi street carnival yang diikuti dengan antusias oleh masyarakat. Setiap orang dapat turut berpartisipasi dalam pesta tari terbesar di dunia ini.

April Fair, Seville, Spain

Selama seminggu penduduk Seville merayakan pesta tradisi dan budaya Spanyol yang meriah ini. Mereka berbondong-bondong menuju caseta, yakni tenda kanvas yang dihias dengan semarak untuk berpesta dan menarikan Flamenco. Tarian Flamenco, dengan ciri khas hentakan kaki yang berirama, merupakan tarian tradisional kaum Gypsy Andalusia, yang mulai dikenal pada awal abad 19. Siapa yang menyangka bahwa semula April Fair yang diadakan sejak 1846 ini merupakan ajang bisnis di antara para pedagang ternak di daerah Prado de San Sebastian. Pada waktu itu para pedagang mendirikan Caseta untuk tempat berteduh selama menjalankan bisnis mereka. Seiring dengan berjalannya waktu, tenda-tenda tersebut berubah menjadi rumah mungil yang sangat artistik dan menarik.

Sekaten, Central Java, Indonesia

Setiap tahun keraton Surakarta dan Yogyakarta menyelenggarakan pesta rakyat sekaten yang jatuh pada 1 suro dan diperingati selama seminggu. Perayaan ini merupakan wujud penghormatan masyarakat Jawa Tengah terhadap lahirnya tuntunan bagi manusia. Sekaten merupaka perayaan utama yang melibatkan hampir semua keluarga kerajaan, para pegawai istana dan masyarakat luas. Selama berlangsungnya sekaten, masyarakat berbondong-bondong penuh semangat mendatangi area sekitar keraton dan alun-alun. Di sinilah diadakan arak-arakan benda pusaka keratin yang dianggap keramat seperti keris dan seperangkat gamelan lengkap. Puncak acara berlangsung dengan meriah karena masyarakat memperebutkan gunungan sesaji yang dipercaya sebagai simbol rejeki dan kesejahteraan sepanjang tahun.

Fete Des Maques, Dogon, Mali

Festival yang berlangsung di Negara Mali, Afrika Barat, mempunyai makna perayaan panen raya. Fete des Maques yang sangat unik ini diperingati setahun sekali pada bulan April dan Mei selama empat minggu. Ciri utama perayaan ini adalah topeng-topeng unik yang menjadi simbol paling penting dalam kebudayaan masyarakat Dogon. Pesta topeng tersebut tampil dengan beragam bentuk dan warna identitas yang khas. Selain berfunsi sebagai pelindung terhadap serangan musuh yang tersembunyi, topeng juga mempunyai fungsi penting dalam upacara penyerahan kekuasaan atau pengetahuan, keterampilan dan pengalaman hidup kepada generasi muda.

Carnival of Venice, Venice, Italy

St. Marks Square di Venesia, Italia, tidak dapat dipisahka dari Carnival of Venice, yakni pesta rakyat yang berlangsung selama dua belas hari. Diselenggarakan pertama kali pada tahun 1039, namun baru terkenal tahun 1162 ketika masyarakat Venesia merayakan kemenangan mereka dalam peperangan melawan Ulrico dari Aquileia. Tradisi tersebut terus berlangsung hingga kini dan semakin semarak karena penampilan berbagai kostum dan topeng yang sangat memukau serta pesta dansa penuh sukacita. Pesta ini telah memberi inspirasi kepada berbagai negara di Eropa untuk mengembangkan pesta topeng sebagai tradisi yang dirayakan dengan meriah.

Notting Hill Carnival, London, UK

Notting Hill Carnival berlangsung di London dan dimulai sejak tahun 1964 pada minggu terakhir setiap bulan Agustus. Festival akbar ini pada awalnya dilaksanakan oleh kaum imigran dari Trinidad yang mulai menetap di London sebagai aktualisasi diri dan replika dari pesta rakyat Trinidad. Pada tahun 1970an karnaval tersebut berkembang pesat menjadi suatu perayaan yang spektakuler. Steel band, parade kostum, parade kendaraan, tari-tarian dan suara yang hingar-bingar mengubah Notting Hill menjadi suatu pemandangan yang menakjubkan. Dihadiri oleh jutaan orang yang memadati jalan raya sepanjang festival yang berlangsung selama dua hari.

Moomba Festival, Melbourne, Australia

Moomba berasal dari bahasa Aborigin yang berarti pesta. Festival ini merupakan ajang pesta masyarakat Australia di kota Melbourne selama sebelas hari. Moomba festival dimeriahkan oleh parade kendaraan hias, marching band, dan berbagai macam atraksi seperti pertunjukan di atas air dan lomba perahu di sungai Yarra. Selain itu, ada pula beragam pameran seni, konser dan drama anak-anak yang diselenggarakan di tempat terbuka. Setiap tahun raja moomba dipilih untuk memimpin parade akbar dalam puncak perayaan selama seminggu. Jadi, bukanlah suatu yang mengherankan bila festival ini juga dipadati oleh pendatang dari luar untuk menikmati semaraknya festival ini.

Diwali, The Festival Of Lights, India

Diwali/Deepavali yang sering disebut The Festival Of Lights dirayakan di seluruh negeri sebagai simbol terang melawan gelap atau kebenaran melawan kejahatan. Untuk melambangkannya, pada senja hari masyarakat India menyalakan ribuan lampu kecil dan lilin di berbagai tempat di penjuru kota. Diwali dirayakan selama dua hari setiap bulan Oktober atau November. Perayaan ini dimulai sejak jam 3 dini hari, diikuti oleh pesta kembang api pada saat fajar menyingsing. Masyarakat India selalu menyambut pesta Diwali dengan penuh harapan, karena percaya bahwa Dewi Keberuntungan melimpahkan berkatnya di saat yang istimewa ini.

Loy Krathong Festival, Thailand

Loy Krathong Festival merupakan legenda yang sudah berumur lebih dari tujuh abad. Diawali dengan pengalaman sederhana seorang putri raja yang membuat wadah dari daun pisang, lalu diisi dengan lilin dan hio yang dinyalakan dan dihanyutkan ke sungai. Sejak saat itulah raja memutuskan untuk melaksanakan kegiatan itu sebagai sebuah festival tahunan di Thailand. Loy Krathong mempunyai makna yang lebih dari sekedar perayaan meriah. Festival ini mengandung nilai ritual yaitu penyucian diri manusia dari segala dosa. Masyarakat Thailand menghanyutkan kapal kecil sebagai simbol dari jasad manusia, sesuai dengan kata Loy yang berarti menghanyutkan dan Krathong yang bermakna kapal. Diiringi harapan agar dosa-dosa mereka diampuni dan memperoleh rejeki melimpah di tahun berikutnya.

The Virgin Of Guadalupe Fiesta, Mexico

Fiesta ini merupakan pesta rakyat terbesar di Mexico yang diselenggarakan selama seminggu dari tanggal 6-12 Desember. Perayaan tersebut diadakan untuk memperingati penampakan Perawan Maria di bukit Tepeyac. Sejak saat itu, tanggal 22 Desember dianggap sebagai hari suci yang pantas dirayakan dengan istimewa di Mexico. Rakyat Mexico percaya bahwa Perawan Maria harus diteladani karena melambangkan kesucian dan cinta seorang ibu yang tulus dan penuh kerelaan untuk berkorban. Tradisi tersebut berkembang menjadi pesta rakyat di mana seluruh penduduk dengan suka cita merayakan rahmat Tuhan atasa seluruh karunia yang telah diterima oleh masyarakat sepanjang tahun.

About ririey2008

I'm just who i am

Comments are closed.