“Idealisme? Apaan tuh?” itu yg ada di benak gue waktu baca kata itu. Sebenernya gue gak terlalu memusingkan apa itu idealisme, gak pernah deh gue mikirin apalagi ngebahas-bahas soal itu, gak ngerti, paling cuma waktu di sekolah aja setelah itu ya lupa lagi ilang gitu aja, tapi sekarang ini beda, waktu itu salah satu temen gue send email n nanya “kenapa terkadang idealisme sering bgt bentrok ama realita?”, nah lo??????????
Gue bingung dunk of course, mo jawab apa coba? secara emang gue gak paham soal idealisme ini, artinya apa aja gue gak tau.
Seharusnya gue bilang aja “gak tau” or “gak ngerti” memang kenyataannya begitu kan. Ya bisa aja sih kaya gitu tapi gue gak mau bilang “gak tau”, bukannya karna jaim or gengsi tapi memang karna gue sendiripun jadi penasaran dan pengen tau juga arti dari kata idealisme itu sendiri.

So, yupz…gue searching di internet apa sih idealisme itu, ternyata banyak banget versinya, ada yang beda dan gak sedikit juga yang sama arti dan maksudnya walaupun terdiri dari kalimat dan pemikiran yang berbeda-beda. Tapi jujur gue masih bingung so akhirnya gue cari di situs Kamus Besar Bahasa Indonesia, di situ tertulis :

“ide•al•is•me /idéalisme/ n 1 aliran ilmu filsafat yg menganggap pikiran atau cita-cita sbg satu-satunya hal yg benar yg dapat dicamkan dan dipahami; 2 hidup atau berusaha hidup menurut cita-cita, menurut patokan yg dianggap sempurna; 3 Sas aliran yg mementingkan khayal atau fantasi untuk menunjukkan keindahan dan kesempurnaan meskipun tidak sesuai dng kenyataan”

Setelah gue baca arti idealisme versi KBBI ini n setelah gue gabung-gabung juga telaah sama versi-versi lain yang banyak itu, so gue ambil kesimpulan bahwa idealisme menurut versi dan kata-kata gue sendiri adalah “suatu faham yang menjadikan cita-cita sebagai suatu tujuan dan menjadi pegangan hidup yang harus diwujudkan dengan cara, pemikiran dan prinsip pribadinya”. That’s in my opinion.

Masih agak ragu juga sih sama opini gue bener apa gak tapi ya itulah yang bisa gue tangkap dan ambil kesimpulan dari semua versi yang gue baca.
Setelah tau arti dari single word idealisme ini then gue bales deh email temen gue itu yang katanya “kenapa terkadang idealisme suka bentrok ama realita?” da inilah jawaban gue :

“Terkadang realita mank gak sesuai ma keinginan kita gak ngedukung tujuan kita karna ya memang kita gak tau apa2 soal realita hidup yg bkl tejadi.
Kebanyakan org pazti juga ngerasa gitu pd awalnya, gak puas makanya mereka ttp berjuang keras bgt wat ngewujudin apa yg mereka mw, gak nyerah apapun yg terjadi dlm kondisi apapun dgn cara dan pemikirannya sendiri dan ttp berpegang pd idealismenya sampai cita2nya, keinginannya, tujuannya tercapai dan bisa jadi kenyataan tp banyak juga yg cuma diem aja nah klo lo yakin percaya dan ttp berjuang dan berdoa of course pazti mudah2an lo bisa mencapai n ngewujudin apapun sesuai yg lo mau dgn cara lo sendiri sesuai prinsip2 lo dan pd akhirnya idealisme bisa jadi sejalan sama realita ya kan?”

Ya mungkin memang belum 100% benar juga sih jawaban dan opini gue itu, pendapat setiap orang pazti beda-beda tapi ya that’s from me n gue seneng bisa kasih jawaban buat temen gue dan juga buat diri gue sendiri.
Tapi gue juga masih bertanya-tanya nih sama diri gue sendiri, idealisme gue apa ya????

Nah, sekarang arti idealisme menurut dan versi lo apa? And jawab juga ya menurut lo kenapa idealisme terkadang suka bentrok dengan realita?!!!
Ayo2 speak ur mind, guys!!!!!

About ririey2008

I'm just who i am

One response »

  1. oedyt says:

    menarik buat di baca,, kemaren banyak yg bilang gw idealis,, tapi kalo gw ber opini bahwa idealis itu hampir atau mungkin sama dengan menipu diri sendiri menurut lo bener nggak??

Leave a Reply

